TNI AL Tambah Lagi 2 KAL-28

23 April 2018


Kapal patroli KAL ini mempunyai panjang keseluruhan mencapai 33,26 meter, lebar 6,2 meter. Kapal ini dilengkapi mesin berkecepatan 28 knot dalam kondisi bermuatan penuh dan bisa mencapai kecepatan 32 knot. Masing-masing kapal juga diawaki 15 personel. (photo : batampos)

Penyerahan dan Pengukuhan Komandan KAL 28 di Palindo Marine Batam oleh Aslog KASAL

Pada hari Kamis, tanggal 19 April 2018 bertempat di Galangan kapal PT Palindo Marine Batam, telah dilaksanakan penyerahan 2 unit Kal 28 dari Direktur PT Palindo Marine kepada Kadismatal, Laksma TNI Kasih Prihantoro, S.E., M.M., M. Tr. (Han), yang dilanjutkan dengan penyerahan dari Kadismatal kepada Kasal dalam hal ini diwakili oleh Aslog Kasal Laksda TNI Mulyadi, S.Pi. M.A.P. Selanjutnya Aslog Kasal atas nama Kasal menyerahkan KAL Pulau Menjangan I-5-39 kepada Komandan Lanal Semarang dan KAL Pulau Pasoso I-6-62 kepada Komandan Lanal Palu.

Hadir pada acara penyerahan dan pengukuhan komandan KAL, Kadisadal Laksma TNI Prasetya Nugraha,S.T., M.Sc., Komandan Lantamal IV Laksma TNI R Eko Suyanto, S.E., M.M., Paban II Mat/Slogal dan para pejabat terkait.


3 buah senjata melengkapi KAL-28 ini (photo : tribunnews)

Kedua KAL 28 ini merupakan pengadaan Dismatal Tahun anggaran 2017, dengan tepat waktu. Dengan masuknya Kedua KAL 28 ke dalam jajaran alutsista TNI AL memiliki nilai strategis, bagi perkembangan kekuatan TNI Angkatan Laut dalam menjaga negara kesatuan Republik Indonesia. Pembangunan kedua KAL 28 ini dilaksanakan menggunakan Class Bureau Veritas dan diawasi secara melekat oleh Satgas Yekda KAL 28 untuk mendapatkan hasil sesuai standar kapal patroli sesuai tuntutan operasional.  

Kedua KAL 28 merupakan kapal cepat yang dilengkapi dengan 1 (satu) buah senjata mitraliur 20 mm di haluan dan 2 (dua) buah senjata 12,7 mm di superstructure buritan. KAL 28 memiliki fungsi asasi untuk melaksanakan pengejaran, penangkapan dan penyidikan, peperangan khusus anti teror aspek laut dan kegiatan infiltrasi melalui laut secara terbatas.  Dengan fungsi tersebut KAL 28 didesain juga untuk mampu melaksanakan SAR terbatas.

(TNI AL)

0 Response to "TNI AL Tambah Lagi 2 KAL-28"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel