Pemeliharaan Pesawat Su-30 di Lanud Sultan Hasanuddin

09 Juli 2019

Pemeliharaan pesawat Su-30 di Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar (all photos : Dambiev)

Bertempat di Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar dilakukan pemeliharaan ringan atas pesawat buatan Rusia Sukhoi Su-30MK2. Lanud Sultan Hasanuddin adalah sarang dari Skadron Udara 11 yang mengoperasikan pesawat Su-27 dan Su-30 buatan Rusia.


Selama ini Indonesia melakukan pemeliharaan tingkat berat atas pesawat Sukhoi yang dimilikinya di Rusia atau Belarusia. Sejak tahun 2015, beberapa pesawat Sukhoi telah selesai menjalani perawatan di kedua negara tersebut.


Pemeliharaan pesawat Sukhoi untuk bisa dilakukan di Indonesia muncul dalam pembicaraan antara Menteri Pertahanan Indonesia Ryamizard Ryacudu bersama Menteri Perdagangan dan Perindustrian Rusia Denis Manturov di Jakarta pada Januari 2016.


Untuk pemeliharaan ringan yang dilakukan di Lanud Sultan Hasanuddin ini dilakukan oleh teknisi Indonesia dengan arahan dari staf Rusia Aviation Holding Sukhoi. Diharapkan kerjasama pemeliharaan pesawat dapat dilanjutkan hingga ke tingkat berat karena akan dapat meningkatkan kesiapan operasional pesawat tempur dan penghematan devisa negara.

(Defense Studies)

0 Response to "Pemeliharaan Pesawat Su-30 di Lanud Sultan Hasanuddin"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel