Tiga Heli Apache Tiba di Lanumad A Yani Semarang

19 Desember 2017

Helikopter Apache TNI AD (photo : defence.pk)

SEMARANG - Tiga unit helikopter canggih jenis Apache telah tiba di Lanumad Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah. Ketiga heli tempur buatan Amerika tersebut mendarat di Lanumad pada Senin (18/12/2017) dengan diangkut pesawat US Air Force jenis C17 Globemaster.

"Benar Mas, tiga unit Apache landing kemarin. Ketiganya diangkut pesawat jenis C17 Globemaster," ungkap Dankima, Kapten Cpn Kerma Watulaga saat dihubungi SINDOnews, Selasa (19/12/2017) pagi. 

"Untuk keterangan lebih lanjut bisa menghubungi Komandan Pusdik Penerbangan Angkatan Darat (Penerbad)," katanya. 

Seperti diketahui, Penerbad direncanakan menerima sebanyak delapan Helikopter Apache yang akan memperkuat armada tempur Penerbad. Dari jumlah tersebut, tiga unit heli telah tiba kemarin. Sedangkan lima unit heli direncanakan datang pada tahun depan.

Helikopter Apache TNI AD (photo : Sindonews)

Pengguna helikopter ini nantinya paling banyak ada di TNI Angkatan Darat. Selain sebagai heli tempur, juga akan difungsikan sebagai sarana angkut personel dan patroli. Keberadaan Heli Apache ini akan menggantikan helikopter yang telah memasuki grounded atau pensiun, sehingga bisa dimanfaatkan untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (Sindo)

Panglima TNI: 3 Heli Apache dari AS Sudah Tiba, Tahun Depan 5 Lagi

Jakarta - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memastikan tiga helikopter AH-64 Apache tiba hari ini dari Amerika Serikat. Tiga heli itu merupakan milik TNI Angkatan Darat.

"Sudah ada, tiga unit pesawatnya sudah datang. Saya terima kasih, sudah datang, sehingga pada renstra (rencana strategi) kedua ini secara bertahap kita memiliki alutsista yang sesuai keinginan kita," ucap Hadi di lapangan tembak Wing 1 Paskhas Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (19/12/2017).

Helikopter Apache TNI AD (photo : TribunNews)


Melihat perkembangan itu, Hadi optimistis TNI yang profesional dan modern akan terwujud. Untuk renstra kedua, menurut Hadi, sasaran 30 persen bisa dipenuhi kebutuhannya, sedangkan untuk tahun depan, dia ingin pengadaan lima heli Apache lagi.

"Sehingga sudah mulai terlihat menuju TNI yang profesional dan modern. Di renstra kedua ini sasaran kita sebanyak 30 persen bisa kita realisasikan," kata Hadi.

"Tahun depan lima lagi, jadi ada 1 skuadron full," imbuh Hadi berharap.

Sebelumnya Kapuskom Publik Kementerian Pertahanan Brigjen Totok Sugiharto mengatakan tiga heli tersebut diangkut menggunakan pesawat Angkatan Udara AS. Ketiga heli itu akan tiba di Semarang hari ini.

Pesawat C-17 pengangkut helikopter Apache (photo : detik)

"Hari ini tiba di Semarang. Infonya ada tiga unit," kata Totok saat dihubungi detikcom.

Menurut Totok, helikopter itu akan digunakan Penerbangan TNI AD (Penerbad). Saat ini helikopter itu juga akan ditempatkan di Penerbad Ahmad Yani, Semarang.  (Detik)

0 Response to "Tiga Heli Apache Tiba di Lanumad A Yani Semarang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel